Tips Persiapan Menikah Dengan Tabungan Sendiri

Assalamualaikum Wr. Wb

Buat kalian yang sedang kebingungan, atau stress karena mau menikah, hanya memiliki budget yang sangat terbatas, tapi mau mengadakan acara kalian di gedung dengan terlihat elegan, simple dan berkesan, aku akan memberikan beberapa tips, berdasarkan dari pengalamanku melangsungkan acara pernikahanku.

Alhamdulillah, puji syukur aku panjatkan kehadapan Allah S.W.T, karena acaraku minggu lalu, telah berjalan dengan lancar dan indah. Aku berterimakasih kepada semua yang sudah mensupport dan mendoakan pernikahanku.

Langsung saja aku akan membagikan beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat dan menginsipirasi kalian semua.

1.      Mulai Menabung
Jadi setelah 1 tahun aku menjalani hubungan dengan suamiku, kita sudah mulai mau fokus ke jenjang yang lebih serius. Tahun kedua dan tahun ketiga, kita mulai menyisihkan setengah gaji untuk tabungan resepsi pernikahan. Seperti yang kalian tahu, sebenarnya, menikah itu murah, hanya  Rp 600.000 untuk administrasi ke KUA. Tapi yang mahal adalah resepsinya, karena ya di Indonesia, adat istiadat nya memang seperti itu.

Sebenarnya, Allah juga tidak memaksa kita untuk melakukan resepsi juga sih, yang penting kan akad dan halal. Tapi dijaman sekarang, kita juga pengen kan punya acara sesuai impian kita, jadi ya mau ngga mau kita harus bersusah-susah dahulu kerja keras untuk mengumpulkan tabungan untuk pernikahan. Guys, kalau bisa tabungan itu, kalian pisah dari ATM pribadi ya, karena nanti dengan mudah bisa dikontrol kamu dan pasanganmu. Yang utama yang penting kalian sabar, ngga hedon dulu untuk beli ini itu, karena semua itu worth to wait kok J.

Kalian bisa buat simulasi, kira-kira dalam setahun jika menabung sesuai gaji kalian, mendapatkan berapa banyak. Dan jumlah itulah yang nanti bisa kalian tentukan, apakah pernikahan kalian bisa di adakan di gedung, di rumah atau di restoran.

2.     Cari Venue dan Booking Secepatnya
Setelah ada pertemuan keluarga antara aku dan suami, bahwa kami akan melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan, aku dan suamiku dengan mantap menentukan tanggal yang padahal masih berjarak 1 tahun lagi. Karena keluargaku tidak terlalu rungsing dalam menentukan tanggal pernikahan, seperti harus mencari tanggal-tanggal bagus sesuai adat istiadat, jadi aku dengan bebas menentukan tanggal bagus, yaitu pada saat hari ulang tahunku yang kebetulan beberapa minggu setelah idul Adha. Aku sih tidak mementingkan, apakah tanggal itu bagus atau tidak, tapi mendekati hari H temanku ada yang bilang, katanya menikah di bulan dzulhijah setelah Idul Adha itu hari-hari baik.

Setelah mantap dengan tanggalnya, aku dan mama sibuk mencari venue, dibantu juga dengan sahabat-sahabatku mencari venue. Kebetulan tempat tinggalku dan suamiku di Tangerang Selatan, jadi akupun mencari gedung yang disekitaran Tangerang selatan. Gedung-gedung yang aku survei adalah :
·         Aula Arhanudri – Batalyon Pangkalan Militer Serpong
·         Aula Kavaleri – Batalyon Pangkalan Militer Serpong
·         Balai Ratu Permai – Belakang Pasar Modern Bintaro
·         Gedung Ar-Rahman Training Center – Belakang Pasar Modern BSD
·         Djoglo Ageng – Sawah Baru Ciputat
·         Restoran Saung Serpong – Disebrang BSD Junction
·         Gedung Pertemuan Puspiptek – Serpong


Dari semua gedung yang aku survei, harga, fasilitas, suasana, tempat parkir yang paling cocok dengan budgetku adalah Gedung Pertemuan Puspiptek – Serpong. Kebetulan aku juga tau gedung ini karena disarankan oleh pemilik vendor catering yang akan aku pakai saat aku sedang test food di Aula Arhanudri, karena aku sempat galau juga, mau melangsukan acara pernikahan dimana. Sehari setelah aku survey ke Gedung Pertemuan Puspiptek – Serpong, aku langsung booking seharga DP yang diminta pengelola gedung.

Aku ngga sangka, Gedung Pertemuan Puspiptek – Serpong sebagus dan se-asri itu tarif harganya dibawah 5 Juta, mangkanya aku langsung cepet-cepet booking supaya hari ulang tahunku di tahun depan tidak diambil orang, hehehe. Sang pengelola bilang bahwa aku bisa berubah tanggal maju atau mundur sekali kesempatan jika memang nanti ada perubahan, asalkan di hari tersebut tidak ada acara. Jadi agak fleksibel apabila memang jika ada halangan, aku bisa merubah tanggal pernikahanku. Untuk gedung, sudah aman. Oh iya guys, apabila kalian mau tau harga-harga gedung tersebut kalian bisa e-mail aku ke tikapertiwii@yahoo.com yaa, tapi kalian juga bisa langsung survei ke gedung tersebut, tinggal dicari saja di google maps, karena sudah beda tahun, aku takutnya tarifnya sudah berubah J.

Kenapa sih aku ngga ngadain dirumah aja, daripada digedung mahal? kata siapa, aku udah survei, perlengkapan tenda, dekor, catering, beli bahan makanan, dan perkakasnya, kalau dihitung-hitung, harganya malah lebih mahal, dan kita lebih capek, belum beres-beresnya, belum mikirin parkiran untuk tamu undangan, dan segala hal lainnya. Tapi, kalau memang kamu punya hitung-hitungan sendiri, seperti catering masak sendiri, atau punya saudara yang penyewaan tenda, dimana harganya jadi lebih murah, it's okay guys, itu malah lebih baik, lebih murah.

3.     Vendor Souvenir Pernikahan
Aku nggak terlalu ribet untuk menentukan souvenir pernikahan, aku juga nggak sempet survei-survei ke pasar-pasar pusat penjualan souvenir. Jadi semua aku cari online. Jadi aku bener-bener nyari harga souvenir di website-website penjualan souvenir di seluruh Jakarta dan diluar kota. Karena aku orangnya getol kalau main Instagram, akhirnya aku ketemu sama vendor souvenir yang bernama Evy Souvenir. Dia tempatnya di Jogja. Range harga souvenir dari 1000an sampai 50.000an. Memang, kalo kita dengerin kata orang pasti ada aja komentar “ngapain cari souvenir diluar kota? Ongkosnya sama aja mahal, mending cari disini” .

Pertimbangan aku beli diluar kota karena, kalo aku beli di pasar jatinegara atau asemka juga aku harus keluar ongkos lebih untuk taksi online, dan itu jadi lebih mahal dan harga disana udah melonjak tinggi banget, karena lagi musim menikah, jadi aku memutuskan untuk memakai vendor yang di Jogja itu.

Jadi aku bener-bener kepo kan sama Evy Souvenir ini, aku buka websitenya http://evysouvenir.com/, feed instagramnya, dan harganya murah-murah banget. Pas aku tanya, ongkos kirimnya dari Jogja kerumahku di Tangerang Selatan hanya 90.000 rupiah, ya aku tertarik dong, dan akhirnya setelah aku pilih jenis-jenis souvenir yang aku mau, aku langsung booking. Waktu pengerjaannya minimal 3 minggu.

ini contoh souvenir aku 😊

Oh iya, karena aku masih belum pasti kan tanggalnya, aku cuma cetak nama aja disouvenirnya, untuk kartu ucapan terimakasihnya aku design dan print sendiri. Aku print dengan bentuk label, jadi tinggal tempel aja di souvenir, itu hanya 55.000 aja kok di print digital, 10 lembar A3 dicetak bisa jadi 750pcs. Tinggal gunting dan tempel sendiri. Emang kalo mau low budget itu harus mau susah dan ribet sendiri, tapi nikmat kok ngejalaninnya, karena sesuai dengan apa yang kita mau hehehe.

Guys, sebelum kalian beli souvenir, pastiin dulu berapa tamu yang akan kalian undang ya, kalau bisa 1,5x atau 2x lipat jumlah tamu. karena orderan pertama aku cuman lebihin 50pcs dari jumlah tamu. karena aku takut kurang, malah jadi pesen 2x dan 2x pengiriman deh hihihi.

4.     Vendor Catering Paket Lengkap dengan Harga Terjangkau
Aku nggak terlalu banyak test food sana sini, tapi tiap ada temen aku yang menikah, aku kumpulin brosurnya dan sekalian aja aku cobain semua makanannya hehe. Selain itu juga, aku ngumpulin banyak vendor catering, nah dari sekian banyak pricelist yang aku minta, aku kumpulin di excel dan aku bandingkan semua dari segi harga, paket catering, pondokan, MUA, dekorasi, dan lain lain. Semacam tender gitu lah hihihi. Dan akhirnya dari beberapa catering, aku mantap memilih Banyu Catering, karena aku juga sudah test food dan makanannya enak-enak, harganya jauh dibawah catering-catering lain tapi kualitasnya nggak kalah bersaing, dikasih bonus terus sama pemiliknya, jadi aku tambah happy hahaha. Aku juga dibonuskan ki lengser yang menuntunku saat prosesi kirab ke pelaminan, jadi ada aksen adat sundanya juga. Website Banyu Catering bisa dilihat disini http://www.banyucatering.com/ ada instagramnya juga bisa kalian search aja Banyu Catering dan Banyu Wedding. Keuntungan jika kita pakai paket catering, kita tinggal duduk manis aja ngga usah ribet ngurus ini itu, semua sudah diurus sama catering, jadi kita ngga perlu repot-repot lagi mikir-mikir perintilan untuk dekor, atau gaun, atau make up. Semua sudah all in.

Point utama yang aku suka dari catering ini adalah, MUA nya bagus, Dekornya cantik, makanannya enak, marketingnya ramah-ramah, pondokan nya dapet banyak, dan porsi nya itu sesuai dengan jumlah tamu. Biasanya kalau catering-catering lain, undangan kita 300 berarti hitungannya 600 tamu, makanan buffe nya hanya 400 atau 500 porsi, tapi kalau di Banyu Catering, buffe nya juga 600 porsi. Jadi kita ngga akan takut kehabisan. Alhamdulillah makanan buffe dan pondokannya masih melimpah ruah kemarin pas acara aku.

Untuk kalian yang mau lihat dekorasi dan make up nya, kalian bisa lihat di instagram aku yang tertera di bio blog aku atau di instagram banyu catering juga ada. Oh iya, untuk tambahan dekorasi, karena gedung tempat acaraku, lokasinya banyak taman dan pepohonan, aku menambah dekor kain sendiri, tambah balon, dan pigura yang ku punya di taman, dibantu papa, adik, sahabat dan pakde ku. Aku request dengan catering untuk menaruh 1 dekorasi pergola lengkung bunga, untuk menambah aksen dekorasi di taman, seharusnya bunga-bunga tersebut ditaruh dipintu masuk, tapi karena aku punya ide cemerlang, jadi aku minta dekorasi itu dipindahkan, jadinya seperti ini :





5.     Lamaran
Untuk waktu lamaran, kita tentuin berdasarkan permintaan keluarga kita pihak perempuan, karena keluarga pasangan cowok pasti akan ngikutin aja kok guys. Acara lamaran bisa di adakan secara sederhana, pertemuan kedua keluarga besar saja, ramah tamah dan perkenalan. Tapi karena di daerah rumahku, seringkali mengadakan acara lamaran dengan prasmanan dan menyewa tenda, jadi acara lamaranku terbilang agak meriah, karena dihadiri lebih dari 100 orang, mengundang seluruh sahabatku, tetangga dekat dan kedua keluarga besar.

Untuk postingan tentang persiapan acara lamaranku, dimana backdrop foto dan hal lainnya aku dekorasi sendiri, agar bisa berkesan, kalian bisa lihat postinganku di http://tikaapertiwi.blogspot.co.id/2017/03/my-unpredictable-extraordinary.html .

Memilih cincin lamaran, itu tergantung dari persepsi kalian dengan pasangan kita. Kalau aku, cincin emas yang diberikan saat lamaran termasuk menjadi maharku untuk akad nikah nanti, jadi hanya aku saja yang memakai cincin, pasanganku tidak. Beberapa pasangan juga membeli cincin lamaran couple yang tidak terlalu mahal, seperti perak yang harganya 50.000/gram, karena hanya sebagai simbolis saja. Ada juga yang membeli cincin couple, dimana nanti cincin tersebut menjadi cincin kawin (bukan mahar) saat akad nikah, tinggal ditambahkan nama saja di belakang cincinnya.

Kalau bisa, kalian cicil beli cincin untuk  mas kawin dari jauh-jauh hari saat harga emas sedang rendah, aku mencicil belie mas dari H-8 bulan acara pernikahanku, dan benar saja, setelah lamaran, harga emas melonjak tinggi, dan jangan lupa jaga berat badan kalian ya, supaya cincin nya masih muat sampai hari H hehehe. Aku juga design kotak cincin sendiri untuk mengurangi budgetku, biar foto-able aja di meja akad, terbuat dari kotak handphone, kain organdi 10.000/meter dan bunga-bunga palsu bekas dekorasi lamaran aku, hasilnya seperti ini:


6.     Mahar
Menjelang pernikahan, biasanya bisa kita yang meminta mau diberikan mahar apa, atau pihak laki-laki yang memberitahu akan memberikan mahar apa. Intinya, karena kita juga serba low budget, jangan memberatkan pihak laki-laki. Mahar itu bukan tanda “berapa harga seorang wanita yang akan dinikahi”, Mahar adalah pemberian wajib dari calon suami kepada calon istri sebagai ketulusan hati calon suami untuk menimbulkan rasa cinta kasih bagi sang isteri kepada calon suami. Jangan lupa, jika kamu beragama islam, sering lah membaca tentang kisah sahabat nabi tentang pernikahan atau ingat hadist berikut :

Dari Ibnu ‘Abbas, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: ‘Sebaik-baik wanita ialah yang paling mudah (ringan) maharnya.’ (diriwayatkan dalam Majmuu’ Fatawaa Ibni Taimiyyah XXXII/192.)

Pasangan kita harus sudah tahu lebih dulu, mahar apa untuk akad nikah nanti, agar bisa dikumpulkan dan ditabung sedikit demi sedikit. Karena saat mendaftar ke KUA, nanti petugas KUA akan menanyakan mahar kita apa, untuk dituangkan dalam buku nikah.

7.      Foto Pre-Wedding
Jaman sekarang, foto prewedding memang hits banget ya, ke luar kota, foto-foto di pantai, bagus-bagus banget dan mengeluarkan biaya yang lumayan banyak. Guys, foto prewedding itu tidak wajib, kalau kalian tetap mau prewedding dengan biaya yang rendah, seperti aku, bermodalkan kamera handphone saja, aku dan pasangan sekalian traveling naik gunung, sekalian kita foto bersama, ngga make up, natural aja apa adanya hahaha. Kita tinggal cetak, dan beli figura di toko lukisan cari yang paling murah sekali. Cetak pun bisa dipercetakan digital, satu lembar A3 bisa dapat 3 foto ukuran A5 atau 2 Foto ukuran A4.

Foto prewedding itu hanya formalitas, jangan membuat budget kamu over karena foto-foto prewed ya! Ini contoh foto-foto prewedding aku :

   Tinggal di edit sedikit, orang-orangnya dihapus pakai photoshop, jadi deh foto prewed hihihi

8.     Seserahan
Seserahan juga sebenarnya hanya formalitas sesuai dengan adat istiadat kita, pihak laki-laki memberikan barang untuk calon istrinya, dari ujung kepala sampai ujung kaki. Nah agar kita tidak memberatkan pihak lelaki juga, kita beli yang memang biasa kita butuhkan saja, dan memang yang kita inginkan sesuai standart kita saja, jangan beli mahal-mahal karena nanti di foto bagus, atau dibicarakan orang seserahannya mewah dan lain-lain.

Kalau aku, kebetulan aku mencicil seserahan tersebut dari sebelum lamaran, aku membeli make up yang sudah pasti aku pakai, baju, tas, sepatu dan hamper semuanya aku cari barang dengan nama besar seperti adorable projects, payless, tapi aku dapat dengan harga diskon besar, jadilah aku mendapatkan yang aku mau dan tidak memberatkan juga.

Kotak seserahan bisa dicari di pasar cikini, disana bagus dan murah. Kebetulan akupun juga bungkus sendiri semua seserahanku, karena pada saat pacaran, kita LDR, jadi aku dibantu sahabat-sahabatku yang membungkus seserahan-seserahanku.

Kotak seserahan di cikini range antara 50.000-100.000 dapat 4 kotak dari ukuran besar sampai kecil, kemudian aku membeli kain abutai di mayestik untuk mendekor seserahan dengan harga 8.500/meter. Kain abutai ini, semester saja bisa untuk menghias beberapa kotak seserahan. Kemudian tambahkan bunga-bunga palsu cari yang murah-murah saja dan pita-pita tarik langsung jadi, untuk mempercantik dekorasi.

9.     Vendor Undangan
Pemilihan undangan, kalau bisa sesuai dengan tema pernikahan kita, tapi diluar tema kita juga nggak apa-apa kok, nggak usah muluk-muluk guys, mau hardcover, mau ini itu, karena harganya mahal dan akan memakan pengeluaran kita juga. Undangan itu yang penting isi nya kan? Kalau sudah selesai acara juga dibuang-buang kesana-kemari. Kalau memang mau undangan yang bermanfaat seperti kalender, figura foto, tas, juga tidak masalah, tapi cost kalian akan lebih besar.

Vendor undangan bisa kita cari di toko-toko undangan, atau online juga bisa. Cari yang paling murah dan berkualitas, kalau vendor aku, untuk kalian yang mau rekomendasi didaerah pamulang, bisa lihat disini http://www.tangselprinting.com. Harga undangan mulai dari harga 1000-an sampe 20.000-an. Nanti kita bisa minta soft copynya kok, tapi kalau aku, karena awalnya mau design undangan sendiri, tadinya undanganku juga mau cetak sendiri, tapi karena pas dicetak jadi kurang menarik, dan lebih mahal, akhirnya undangan yang aku design untuk aku sebar undangan personal via media sosial.

untuk denahnya, aku nyari-nyari dari internet, dan aku edit-edit sendiri 😁

Untuk pembelian undangan, kalau bisa kalian jangan terlalu ngepas dengan jumlah tamu ya, tambahkan minimal 50-100pcs untuk spare.

10.  Daftar ke KUA
Pendaftaran KUA dilakukan minimal 3 bulan sebelum hari H, karena administrasi KUA ada yang expired jika lebih dari 3 bulan. Untuk penjelasan mengenai pendaftaran ke KUA bisa lihat di postingan aku sebelumnya disini : https://tikaapertiwi.blogspot.co.id/2017/09/sharing-my-experience-persiapan-sebelum.html

11.  Konsultasi ke Keluarga untuk Pembelian Seragam
Seragam ini merupakan salah satu yang lumayan juga biayanya. Jadi konsultasikan kepada keluarga kamu ya, apakah kamu mau memberikan bahan atau malah memberikan baju yang langsung jadi saja. Kalau waktu acaraku, aku memberikan baju-baju jadi, batik untuk pria, dan stel-an kain lilit dan blouse untuk wanita. Semua aku beli di tanah abang, dan yang pasti bagus-bagus dan murah.

Untuk keluarga inti, aku sewakan beskap dari sanggar make up rekanan Banyu Catering. Penyewaan beskap 150.000/stel dari blankon, beskap, kain, sampai sendal selopnya. Semakin banyak sewa, bisa di korting harganya sama sang pemilik sanggar hehehe. Intinya, jangan semua saudara dikasih seragam guys kalau memang budget kalian nggak cukup. Berikan kepada keluarga inti dari pihak ayah dan pihak ibu saja, agar dapat membedakan mana keluarga pihak laki-laki dan pihak perempuan. 

12.  Pengajian
Acara pengajian atau selametan walimatul nikah, biasanya akan diadakan untuk mendoakan acara kita supaya berjalan lancar, dan didoakan kedepannya bisa menjadi keluarga yang samawa. Acara ini akan berlangsung sangat syahdu, karena ada permohonan izin dari kita kepada orangtua, dan akan membuat kita berderai air mata huhuhuhu.

Untuk acara pengajian, kemarin mama dibantu dengan tetangga-tetanggaku, membuat snack box dan nasi box 100 porsi. Jadi tidak perlu ada prasmanan dan penyewaan tenda membuat cost juga jadi lebih murah.

Aku juga tidak ada acara siraman-siraman dan adat-adat meskipun aku berdarah sunda dan jawa, ya itu semua kan memang hanya prosesi adat dan istiadat, tidak diwajibkan didalam agama, jadi aku tidak mengadakan acara-acara tersebut untuk menekan biaya pernikahanku juga.

13.  Panitia Acara dari Keluarga, Kerabat dan Sahabat
Terakhir panitia untuk mengkoordinasi seluruh rangkaian acara dari akad sampai resepsi kita. Kalau sudah hari H, pasti kita akan ribet dan fokus saja pada acara kita. Jadi semua yang mau dibawa saat hari resepsi, dan seluruh acara yang akan dijalankan, kita bicarakan dengan keluarga untuk menunjuk siapa saja yang kita minta perbantukan untuk panitia acara kita, seperti siapa yang membaca doa, baca Al-qur’an dan sari tilawah, sambutan saat resepsi, dll. Kalau penanggungjawab yang aku bentuk adalah :
  1. PJ Bendahara : untuk bawa-bawa uang cash yang dibayar saat hari H
  2. PJ Penghulu : yang bertanggung jawab untuk monitor penghulu saat hari H
  3. PJ Make Up : yang bertanggung jawab untuk mengontrol siapa saja yang harus di make up
  4. PJ Transportasi : yang bertugas memonitor transportasi selama hari H
  5. PJ Kotak Ampau : yang bertugas mengontrol kotak ampau, dari gembok sampai dibongkar masuk ke koper
  6. PJ Acara Potong Kue : aku minta tolong bridesmaid ku untuk membantu membawakan acara saat pemotongan kue
  7. PJ Seserahan : yang menerima seserahan dan langsung disimpan kedalam mobil dan menaruh mahar dekat meja akad
  8. PJ Catering : yang mengontrol makanan buffe dan pondokan
Sisanya, MC dari catering yang akan mengatur seluruh proses acara dari awal hingga akhir. Sebisa mungkin kalian harus berkoordinasi dengan keluarga ya, agar mereka semua paham dan mengerti seluruh proses acara, dan tidak ada miskomunikasi.

Nah, itu saja tips-tips dari aku, mudah-mudahan kalian para calon pengantin yang lagi bingung bisa mendapatkan pencerahan dari tips aku ini yaa. Pokoknya sebisa mungkin sebelum acara kalian, dibicarakan dulu dengan orangtua, jika kalian memang mau membuat acara pernikahan dengan budget kalian sendiri tanpa merepotkan orangtua, jadi keluarga kalian mengerti kondisi kalian seperti apa, dan tidak banyak permintaan untuk acara pernikahan kalian. Masalah perbedaan pendapat itu biasa, memang itu pernak-perniknya rintangan menuju pernikahan, jadi nikmatin aja ya, semua pasti akan merasakan hehehe.

Pada dasarnya, mau pernikahan kita sesederhana atau semewah apa juga, akan tetap di bicarakan orang, pasti ada aja yang kurang diluar kemampuan kita, tapi yang penting kan prosesi akad kita sebagai acara inti yang paling utama lancar dan direstui. Omongan orang tidak akan berpengaruh ke kehidupan kita bersama suami kita nanti kok guys, jadi ngga usah dipikirin ya, nanti stress, banyak yang lebih penting loh. Tapi kita punya kebanggan tersendiri, ketika kita bisa mengadakan acara resepsi kita sendiri tanpa merepotkan orangtua, ya kan? 😊

Tambahan kutipan dari aku :
Dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Sebaik-baik pernikahan adalah yang paling mudah.” (Riwayat. Abu Dawud (n. 2117), riwayat Ibnu Hibban no. 1262 dalam al-Mawaarid, riwayat ath-Thabrani dalam Mu’jamul Ausath I/221, no. 724, dan juga dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jaami’ no. 3300.)
Jadi jangan sampai, pernikahan kalian membuat kehidupan kalian susah kedepannya yaa..

Sekian,
Terimakasih
Wassalamualaikum Wr.Wb

Ps: Aku akan segera update video acara lamaran-pengajian-pernikahan ku 😁



Komentar

  1. Ka, total biayanya berapa itu ka? Recomen sih ka

    BalasHapus
  2. biaya tergantung budget kamu, semua bisa disesuain :))

    BalasHapus
  3. Kece banget kak. Bisa jd konsultan nih hehe.. Makasih kak info info nya... Nanti aku mau tanya2 ama kakak deh ya...

    BalasHapus
  4. Halo kak, aku tertarik banget sama detail kakak ceritakan. Boleh aku minta rinciannya kak kalo.boleh via dm? Makasih kak😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, maaf baru bales ya, aku cari2 detailnya udah ilang, kalau mau discuss kamu dm aku aja yaa di IG :)

      Hapus
  5. HIS balai sartika memiliki konsep One Stop Wedding Service, dengan konsep One Stop Wedding Service ini lebih memudahkan kak winda kedepannya dalam pemilihan vendor, yang sudah mencakup seluruh kebutuhan kak ina dari mulai :
    -Gedung
    -Catering
    -Dekor
    -Rias busana & Make up
    -Fotografi
    -Entertaiment
    -MC
    -Upacara Adat
    -Wedding car
    -Wedding Organizer & Wedding Consultant

    Info lebih lanjut bisa hub Zulfa 089611648377 (WA)

    BalasHapus
  6. Hallo Akang dan Teteh Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Balai Sartika Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik yaitu Logam Mulia 5 Gram dan Honeymoon di Bali!! Semua itu tanpa diundi looohhh…

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    BalasHapus
  7. Terimakasih, Artikelnya sangat bermanfaat.
    Oh ya sekedar informasi, bagi yang membutuhkan Sewa Misty Fan Bali untuk berbagai event yang akan diselenggarakan bisa hubungi kita Arthur Teknik.

    Salam Blogger Min.

    BalasHapus
  8. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    BalasHapus

  9. Thanks infonya. Oiya, temen-temen tau ga sih kalo sebenernya ada cara sangat ampuh untuk persiapkan biaya nikah? Jawabannya bisa cek di sini nih: menabung untuk persiapan menikah

    BalasHapus
  10. Sampurasun Calon Pengantin Bandung!!

    Kini Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung memiliki New Concept Design:

    FULL CARPET, FULL AC & CHANDELIER

    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan 6 standing AC di titik tertentu
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal
    3. Terdapat 4 Ruang Rias Full AC, Full Karpet dan kamar mandi
    4. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
    5. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    6. Wedding Consultant Professional yang siap mendampingi Calon Pengantin
    7. Security, Free Parkir dan Akses Tol & Jalan Mudah
    8. Lucky Dip
    9. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
    10. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin

    Dapatkan juga spesial promo untuk booking bulan AGUSTUS 2019!!!
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :Zulfa (089611648377)

    BalasHapus
  11. Haloo, aku mau bagi pengalaman pernikahan kakakku. Jadi waktu itu kakakku dan pasangannya sibuk kerja kan jadi memang susah untuk ngurusin sendiri, nah karena kakakku nyari tempat pernikahan yang memang aksesnya mudah jadi dia nyari yang tengah2 dan ga terlalu macet. Akhirnya kakakku mutusin buat nikah di Elnusa, letaknya kalau ga salah di Tb.Simatupang deket Citos. Nah disana ternyata sudah ada paketan weddingnya juga dan sudah ada WOnya. Waktu itu kakakku dibantu sama Kak Ali, nah disana bener2 dibantuin dari awal sampe akhiir. Walaupun kakakku dan pasangannya sibuk kerja tapi urusan pernikahannya ga sampai keteteran karena bener2 dibantuin. Jadi disana itu udah semua2nya diurusin, kakakku tinggal ngurusin souvernir dan undangan aja. Bahkan ada Wedding Plannernya gitu yang mengatur jadwal kakakku untuk visit2 vendor dan testfood, jadi bener2 bikin kakakku ga pusing mikirin pernikahannya. Dari awal kakakku persiapan acara sampai akhir acara bener2 ga dilepas sama WOnya, dan hal itu ngebuat mamahku ga terlalu banyak ikut campur. Jujur Pelayanannya bener2 bagus, walaupun kakakku dan pasangannya kadang suka banyak maunya tapi tuh kayak diturutin terus gituu. Alhamdulillah keluargaku dan kakakku puas sih nikah di HIS Graha Elnusa. Kalo kalian berminat aku ada nih kontaknya yang waktu itu bantuin kakakku, namanya Kak Ali, nomornya 087884761964. Semoga bisa membantu kaliaan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dayak Ethnic Exhibition . I got a new family ! (Part 2)

Persiapan Sebelum Pernikahan, Pendaftaran KUA Juli 2017